Cara Install Kali Linux di Windows 10 Terbaru ,Detail dan Lengkap

]]>


Cara Install Kali Linux di Windows 10 Lengkap Dengan Gambarnya - Beberapa waktu sekarang Kali Linux untuk Windows sudah bisa di install, Anda dapat men-download dan menginstal melalui Microsoft Store. Dengan menginstal Linux pada Windows saat ini, Anda dapat menjalankan berbagai alat Kali Linux seperti Metasploit ,Wireshark ,Dumper dan berbagai aplikasi pentesting keamanan langsung dari Windows 10 . Oleh karena itu, dalam artikel ini Hipotesaku menunjukkan cara instal Kali Linux di Windows 10 melalui Microsoft Store.



Berikut Langkah - langkah Cara Install Kali Linux di Windows 10

1. Step pertama :Aktifkan WSL


Pertama, mengaktifkan Windows Subsystem for Linux atau biasa disebut WSL tersebut. Caranya cukup ketik Turn Windows Features on or off  di kolom pencarian Windows, dan membuka.

Setelah Anda menemukan Windows Subsystem for Linux, dan memeriksa/centang  opsi tersebut. Klik OK..

Note: Untuk cara simple mengaktifkan WSL Anda juga bisa melakukannya langsung dari PowerShell dengan mengunakan command berikut ini

Enable-WindowsOptionalFeature -Online -FeatureName Microsoft-Windows-Subsystem-Linux

Windows 10 akan meminta untuk restart, jadi langsung saja Restart.

2. Step 2: Download & Install Kali Linux dari Microsoft Store


Anda tinggal cari microsoft store atau klik disini dan download Kali Linux for Windows dari Microsoft Store dengan  klik Get /dapatkan.

Setelah proses men-download selesai, Anda  klik Pin to Start sehingga nantinya bisa menjalankan Kali Linux dengan mudah melalui Start, lalu dilanjutkan dengan menjalankannya/Launch untuk memulai proses instalasi

Proses instalasi Kali Linux akan dimulai dengan ditandai munculnya window CMD. Begitu instalasi selesai, kamu akan diminta memasukkan UNIX username dan password, masukkan saja yang kamu inginkan (tidak harus sama dengan username dan password Windows)


Sekarang Kali Linux sudah terinstall di Windows 10 Anda, dan untuk menjalankannya kamu bisa membuka Tile Kali Linux di Start Menu yang sudah kamu pin tadi.

Atau kamu juga bisa membukanya melalui Command Prompt as Admin > dengan menggunakan command Kali lalu Enter.

3. Step terakhir : Update Kali Linux

 Berikutnya adalah memastikan bahwa versi Kali Linux kamu Uptodate, dengan menjalankan command berikut ini secara berurutan:

Pertama jalankan command sudo apt-get update, Tekan enter dan masukkan password UNIX kamu.

Begitu selesai, lanjutkan dengan menjalankan command sudo apt-get dist-upgrade

Dan terakhir, kamu tinggal bersih-bersih cache yang tersisa dengan menjalankan command sudo apt-get clean

Cara Install Tool Kali Linux di Windows 10


Untuk sekarang kita belajar ke cara install tools Kali Linux di Windows 10. Misalnya saja kita mau install tool Wireshark, maka tinggal jalankan command sudo apt-get install wireshark.

Hal ini berlaku juga untuk menginstall tool dan aplikasi Linux lainnya.

Selesai Proses cara install kali linux di windows 10

Nah itulah dia gaes cara intall Kali Linux untuk Windows, dan kini kamu sudah bisa menjalankan berbagai tool Kali Linux langsung melalui bash Linux via Command Prompt di Windows 10.

Kamu bisa bereksperimen, ada banyak kemungkinan yang bisa kamu lakukan dengan Kali Linux di Windows ini. Misalnya saja kamu sudah bisa menjalankan Desktop Environment XFCE langsung dari dalam Windows 10.

Cara Uninstall Kali Linux di Windows 10


Dan jika suatu saat sudah tidak kamu gunakan lagi, Kali Linux bisa langsung kamu uninstall dengan cara klik kanan Tile Kali Linux > pilih Uninstall.

Setelah itu matikan lagi WSL dengan menghilangkan centangnya seperti semula jika memang tidak digunakan.

Baca juga artikel lainnya tentang ide project dan contoh aplikasi internet of things terbaru