Manfaat Prakerin Bagi Siswa, Sekolah, Dan Perusahaan

]]>
Manfaat Prakerin bagi siswa, sekolah, dan perusahaan - Prakerin atau biasa disebut pkl - tahu tentang arti dari kata tersebut adalah pelatihan kerja industri. Prakerin adalah program atau sekolah kegiatan yang melibatkan siswa mereka (SMK) dan mengembangkan dan menerapkan dalam dunia bisnis atau industri. Tujuannya tidak lain adalah untuk pendidikan, belajar dan melatih siswa - dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa - dalam dunia kerja tergantung di lapangan. organisasi sekolah juga peran yang sangat penting dalam proses ini.

Tujuan Prakerin/PKL 

Manfaat Prakerin Bagi Siswa, Sekolah, Dan Perusahaan
Manfaat Prakerin

Tujuan dari program sekolah ini adalah bahwa siswa - Untuk memahami arti prakerin, bantuan siswa - untuk beradaptasi dengan cepat ke lokasi prakerin, membantu siswa - untuk bersaing dan berfungsi secara optimal, bantuan siswa - dalam hal etika, kode etik di lokasi prakerin dan membantu siswa - siswa dalam mengidentifikasi variasi Prakerin lokasi.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari memegang sekolah teknis atau prakerin industri untuk siswa - siswa SMK adalah:
  • Mengasah keterampilan siswa - dalam dunia kerja
  • siswa membentuk mental - dan untuk cita-cita yang serius memotivasi dan dalammencapai bersemangat.
  • Meningkatkan kesadaran siswa - tentang dunia kerja
  • Menambah kreativitas siswa - siswa mengembangkan bakat dan minat mereka

Baca artikel lainnya tentang Ide project dan contoh aplikasi internet of things

Manfaat Bagi Siswa Prakerin

Dilihat oleh tujuan prakerin, maka prakerin ini memiliki banyak manfaat bagi siswa itu, adalah sebagai berikut
  • Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki pengalaman profesional, keterampilan, pengetahuan dan etos kerja yang sesuai dengan persyaratan dari kali.
  • Menyempurnakan keterampilan yang disediakan di sekolah-sekolah kejuruan (SMK).
  • keterampilan peningkatan, pengetahuan, ide - ide-ide tentang dunia bisnis dan industri profesional dan handal.
  • Membentuk pikiran siswa sehingga terkonstruktif -siswi serta memberikan pengalaman dalam industri dan dunia kerja.
  • Membangun kerjasama yang baik antara bisnis dan sekolah terkait, baik dalam dunia dunia bisnis dan industri.
  • Memperkenalkan siswa - pada kerja lapangan di industri dan bisnis sehingga akhirnya terjun ke pekerjaan nyata dapat beradaptasi dengan cepat.
  • Meningkatkan efisiensi waktu dan usaha dalam pendidikan dan pelatihan tenaga kerja terampil.
  • Dalam pengakuan dan penghargaan yang pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
  • Mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan saat teknologi informasi terbaru dan komunikasi.
  • Saya memberikan keuntungan ke sekolah dan siswa - sendiri karena keterampilan yang tidak diajarkan di sekolah-sekolah dalam bisnis / industri diperoleh dunia.

Manfaat Prakerin Bagi Sekolah

Selain manfaat bagi siswa, prakerin juga berguna bagi sekolah yang memiliki, termasuk mereka
tanggung jawab penegakan hukum
  • Meningkatkan citra sekolah
  • Meningkatkan hubungan dengan sekolah-sekolah umum.
  • Meningkatnya popularitas di mata sekolah-sekolah umum.
  • Berkontribusi dan tenaga kerja bagi perusahaan.

Manfaat Prakerin Untuk Perusahaan

Perusahaan itu sendiri telah mendapatkan banyak manfaat, yaitu:
  • Dapatkan pekerja sementara untuk "seikhlasnya upah"
  • Mendukung program pendidikan pemerintah
  • Meningkatkan citra perusahaan.
Simak Selengkapnya tentang Manfaat prakerin dan Tujuan Prakerin

Tips Mencari Tempat Prakerin / PKL 2020

1. Mengetahui Kemampuan Diri dan Jurusan Anda

 Tips Mencari tempat prakerin pertama adalah cari tau apa bakat / kemampuan Anda dan Apa jurusan Anda? Karena sangat tidak nyambung jika sekolah jurusan RPL ( Rekayasa Perangkat Lunak ) tetapi Anda prakerin / pkl di Bengkel.

2. Kumpulkan Informasi Tentang Tempat Prakerin

Setelah Anda mengetahui apa bakat Anda dan apa jurusan Anda, sekarang saatnya Anda untuk mencari tau dan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang beberapa tempat prakerin. Jangan hanya mencari satu tempat prakerin saja, tetapi coba kumpulkan terlebih dahulu 2 atau 3 tempat, karena jika Anda hanya mencari 1 tempat, dan Anda di tolak di tempat itu, Anda akan kerepotan untuk mencari lagi.

Usahakan Anda mencari tempat prakerin yang sesuai jurusan Anda dan jangan melenceng terlalu jauh dari jurusan Anda.

3.  Mencari Kelompok Prakerin

Saat prakerin ada baiknya Anda tidak prakerin sendirian, karena banyak kemungkinan yang tidak terduga bisa terjadi, contohnya : Anda sakit dan tidak bisa prakerin dalam beberapa hari, jika Anda prakerin sendiri, tidak ada yang bisa menginformasikan tentang kepada tempat prakerin, tetapi jika prakerin berkelompok maka ada teman Anda yang memberitahukan kepada pembimbing prakerin.

4.  Memprediksikan Pengeluaran keuangan


Setelah Anda mendapatkan beberapa informasi tentang tempat Prakerin yang Anda sukai, Anda juga harus memperhitungkan pengeluaran Anda jika Anda prakerin di tempat itu. Karena belum tentu perusahaan tempat prakerin akan membiayai Anda.

Tips berikut ini lumayan penting, karena jika saat Anda prakerin, tiba-tiba ada kendala keuangan dan ingin pindah tempat prakerin yang lebih dekat karena murah, maka akan sangat rumit untuk mengurus perpindahannya.

5.  Menetapkan Tempat Prakerin

Setelah mengumpulakn berbagai informasi tempat tempat prakerin, ini saatnya Anda menentukan tempat prakerin mana yang kiranya akan Anda pilih sebagai tempat untuk Anda prakerin. Jika sudah yakin dengan perusahaan tempat prakerin tersebut, maka konsultasikan dengan guru pembimbing prakerin Anda dan datangi tempat prakerin tersebut. Jika Anda di terima prakerin di perusahaan itu, maka Anda harus bersyukur hehe, tetapi jika Anda tidak diterima, maka Anda harus mencari tempat lagi dan mencoba di tempat lain.

6.  Persiapan Prakerin

Jika Anda sudah di terima di tempat prakerin yang Anda inginkan, maka saatnya Anda untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk prakerin nanti. Salah satu persiapan yang paling utama adalah mental, karena mungkin di tempat prakerin, cara perusahaan mengajarkan atau menyuruh Anda akan berbeda dengan guru di sekolah atau disekitar lingkungan.

Selanjutnya adalah persiapan surat prakerin, biasanya sebelum prakerin Anda akan di berikan surat dari sekolah untuk tempat prakerin Anda yang berisi tentang permohonan prakerin di tempat tersebut. Jangan sampai surat tersebut hilang, jika hilang bisa-bisa Anda tidak bisa masuk ke perusahaan tersebut.

Setelah itu, ketahuilah siapa guru pembimbing Anda di sekolah dan pembimbing Anda di tempat prakerin, karena mereka lah yang akan membimbing Anda selama Anda prakerin.

Selain beberapa manfaat di atas, masih banyak lagi yang benar-benar dapat dihasilkan dari Prakerin itu sendiri tetapi hanya menyebutkan secara umum. Cukup sudah artikel ini dapat bermanfaat bagi siswa siswa SMA tingkat tinggi dan sekolah.