Cara Mengecilkan Ukuran PDF Mudah dan Cepat

]]>
Cara Mengecilkan Ukuran PDF Mudah dan Cepat - Seiring dengan banyaknya penggunaan file dengan ekstensi PDF, terutama file dokumen dan gambar. Kompres PDF atau cara mengecilkan ukuran PDF menjadi salah satu hal yang penting diketahui.
Cara Mengecilkan Ukuran PDF Mudah dan  Cepat

Cara Mengecilkan Ukuran PDF Mudah dan  Cepat - Seiring dengan banyaknya penggunaan file dengan ekstensi PDF, terutama file dokumen dan gambar. Kompres PDF atau cara mengecilkan ukuran PDF menjadi salah satu hal yang penting diketahui.

Hal ini karena terkadang ukuran file PDF terlalu besar sehingga ketika menyimpan dalam jumlah yang banyak, maka akan memenuhi ruang penyimpanan dengan cepat.

Tentu ada beberapa alasan kenapa file PDF menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menyimpan file, terutama dokumen.

Yaitu karena tampilannya yang sederhana dan memudahkan pembaca untuk memahami teks dengan lebih baik. Hal inilah yang menjadi kelebihan dari ekstensi file ini.

Selain itu, file PDF juga akan memudahkan dalam pencetakan dokumen karena formatnya yang tidak berubah.

Oleh karena itu, mengetahui cara compres PDF menjadi penting karena alasan penyimpanan yang terlalu memakan banyak ruang tersebut.

Cara Mengecilkan Ukuran PDF Online


Selain beberapa aplikasi untuk mengcompres PDF di atas, masih ada banyak lagi tools yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran PDF dengan mudah dan cepat.

Diantaranya ialah beberapa website convert PDF yang disediakan secara online. Beberapa situs di bawah ini adalah yang menurut kami paling mudah untuk digunakan.

Itulah beberapa cara mengecilkan ukuran file PDF dan beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran PDF.

Anda bisa mencobanya dan uji coba beberapa untuk perbandingan di kemudian hari nanti.

1. ILovePDF


ILovePDF adalah salah satu situs yang paling terkenal untuk resize atau memperkecil ukuran file PDF.

Dan tidak hanya kompres PDF saja, tetapi juga bisa menggabungkan antar file PDF, mengubah PDF ke dalam bentuk file lain, merger, split, dll.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, tanpa pengetahuan yang cukup pun anda akan bisa melakukannya jika mengunjungi halamannya.

Saat anda memasuki halaman compress dari ILovePDF ini langsung akan diarahkan dengan langkah yang sangat mudah dipahami.

Berikut adalah cara mengkompres PDF menggunakan ILovePDF:


  • Kunjungi situs ILovePDF dan pilih menu compress PDF, atau langsung saja klik link tersebut. Anda akan langsung diarahkan ke halaman kompres.
  • Pilih file PDF yang akan di kompres. Setelah memilih file, selanjutnya pilih tingkat ukuran kompres. Di sini ada 3 tingkatan (lihat gambar di step 3), ada Extreme, Rekomended, dan Less. Di sini kami memilih rekomended sebagai contoh.
  • Setelah memilih level ukuran, selanjutnya klik Kompres PDF yang ada di sebelah bawah bagian kanan.
  • Setelah anda klik compress, ILovePDF akan memproses dan mulai memperkecil file PDF sesuai yang diinginkan sebelumnya (Extreme, Rekomended, Less), Setelah itu tunggu sampai proses kompres selesai.


Setelah selesai, file yang sudah terkompres siap didownload. Mudah sekali bukan.

Baca Juga artikel lainnya tentang manfaat prakerin bagi anak smk , sekolah dan instansi

2. Small PDF

Small PDF juga tak kalah populer dan canggih dengan ILovePDF. Tutorialnya juga gampang tanpa membuat pusing penggunanya.

Cukup masuk ke halaman compres dari Small PDF, Anda akan dipandu dalam resize fle PDF sesuai yang anda inginkan. Berikut adalah langkah-langkahnya:


  • Buka situs SmallPDF, setelah masuk, pilih menu compres PDF. Biar cepet langsung klik link tersebut dan anda akan diarahkan langsung ke halaman kompres yang berfungsi untuk mengecilkan file PDF anda.
  • Setelah masuk halaman compress, tampilannya seperti gambar di bawah ini. Dan langsung klik pilih file untuk memilih file PDF yang akan anda reduce.
  • kompres file pdf
  • Setelah memilih file PDF yang akan diperkecil, anda akan dihadapkan pada pilih tingkat kompres. Ada 2 jenis level, yaitu high quality dan strong compress. Namun untuk yang strong compress hanya berlaku untuk pengguna PRO (Berbayar). Jadi kita gunakan yang high quality saja sebagai contoh:
  • pilih tingkat kompres pdf
  • Selanjutnya klik Choose Option, dan file PDF berlangsung sedang diperkecil. Setelah selesai, file yang telah terkompres bisa langsung didownload.
  • hasil kompres pdf
  • Cukup mudah bukan, silahkan praktek.
Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan untuk kali ini , artikel ini akan saya update secara berkala , pastikan follow dulu blog ini untuk menerima update tutorial terbarunya. Terima Kasih.