Macam Macam Jobdesk Digital Marketing Yang Perlu Diketahui
]]>
2 minute read

JOB DESKRIPSI DIGITAL MARKETING
Pada Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan jobdesk Digital Marketing , yang tentunya ini akan sangat berguna bagi kita Digital Marketer.
Berikut adalah Penjelasannya :
A. Kepala Digital Marketing
Mengelola website penjualan utama dan turunannya untuk marketing produk
Menyusun strategi marketing digital; (Search Engine Optimization (SEO), email, media sosial, market place dan display pada website) berdasarkan segementasi pasar dan kemampuan perusahaan.
Mengidentifikasi trends produk untuk mengoptimalkan pembelanjaan iklan
Melakukan riset marketing (harga, trend produk) yang terjadi di pasar, khususnya pada produk-produk pesaing yang serupa dengan produk perusahaan.
Mengukur dan melaporkan kinerja semua iklan dari startegi marketing digital (leads, traffic dan tingkat konversi)
Merancang, membangun, dan memelihara media sosial perusahaan di semua saluran digital
Menganalisis peluang usaha/produk baru yang potensial meningkatkan marketing
Brainstorming strategi launching produk2 baru dengan top manajemen
Menyusun kebijakan-kebijakan terkait kegiatan marketing digital.
Merencanakan perluasan pangsa pasar dan jaringannya dari disisi marketing digital.
Berkolaborasi dengan tim internal untuk membuat landing page dan mengoptimalkan kemudahan user/audiens untuk mengakses web
Berkolaborasi dengan Sales dan departemen terkait untuk mendukung marketing produk-produk perusahaan
B. SEO Planner
Menentukan dan mengelola domain dan hosting
Membuat website berbasis CMS Wordpress
Menentukan dan mengelola desain web
Maintenance web
Menentukan struktur web SEO di 40 website perusahaan
Menganalisa pasar dan produk
Analisa SERP
C. SEO Specialist
Mengeksekusi struktur web untuk diterapkan kepada content writer
Membuat backlink
Mendata backlink
Optimalisasi SEO Onpage dan Offpage
D. Content Writer
Membuat konten berupa artikel produk di website
Membuat konten berupa artikel pendukung produk di website
Membuat artikel backlink
Membuat berita
E.Video Maker
Maintenance peralatan video dan foto
Mengelola youtube rumah mesin dan youtube pendukung
Merekam video produk dan awareness
Editing video produk dan awareness
F. Tim Kreatif
Membuat konsep, ide dan copywriting untuk youtube
Membuat konsep, ide dan copywriting untuk IG dan FB
Merencanakan konten youtube dan IG
Voice Over untuk video
Membuat perencanaan iklan video pendek
G. Desainer Grafis & Socmed
Mengeksekusi kebutuhan desain perusahaan
Mengelola social media
Membuat desain untuk social media
Mengunggah postingan feed dan story socmed
H. Kepala Program Pelatihan
Membuat produk jasa program pelatihan
Membuat agenda pelatihan
Menghubungi trainer atau narasumber
Mencari peserta dan eksekusi program pelatihan
Mempersiapkan program pelatihan
I. Admin Pelatihan
Bersama kepala program pelatihan membuat produk jasa program pelatihan
Melayani pertanyaan dan menyebarkan info program pelatihan
J.CS Online
Menjawab semua pertanyaan di social media (IG, FB, youtube)
Membuat berita di website
Blasting whatsapp produk ke calon customer yang belum beli mesin
Demikian pembahasan tentang jobdesk digital marketing , semoga dapat bermanfaat bagi teman teman digital marketer semuanya